Beranda / Profil Mitragama

Profil Mitragama

Mitragama – Jasa Penerjemahan Akademik

Mitragama merupakan lembaga penerjemahan akademik yang berkantor di Yogyakarta. Selama 15 tahun (2003-2018) kami hadir melayani penerjemahan dari Inggris ke Indonesia, baik untuk penerbitan buku maupun berbagai referensi perkuliahan di perguruan tinggi. Kami menerjemahkan berbagai buku penerbitan, baik di Yogyakarta, Jakarta, Bandung maupun Surabaya. Dalam bidang akademik, kami membantu penerjemahan ribuan naskah akademik dari Inggris-Indonesia, dan hasil terjemahan akademik kami telah mempermudah banyak mahasiswa S1, S2 maupun S3 dalam memahami dan mengkaji naskah berbahasa Inggris selama perkuliahan di perguruan tinggi.

Di bidang akademik, kami sudah terbiasa melayani penerjemahan dalam khasanah ilmu-ilmu sosial maupun ilmu-ilmu eksakta. Dalam khasanah ilmu-ilmu sosial, kami terbiasa menerjemahkan buku-buku atau jurnal-jurnal referensi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), baik Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan, Ilmu Administrasi Negara dan Studi Manajemen Kebijakan Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Sosiologi maupun Sosiatri. Kami menerjemahkan buku-buku atau jurnal-jurnal referensi dari Fakultas Ekonomi, baik Manajemen, Akuntansi maupun Pembangunan. Kami juga terbiasa menerjemahkan buku-buku atau jurnal-jurnal referensi di Fakultas Ilmu Budaya, Psikologi, Hukum, Filsafat, Pendidikan, dan Keagamaan Islam.

Kami juga berspesialisasi menerjemahkan naskah Indonesia-Inggris untuk karya ilmiah seperti intisari atau abstrak, naskah publikasi, ringkasan atau jurnal turunan skripsi, tesis atau disertasi maupun naskah skripsi, tesis atau disertasi itu sendiri. Kami sudah sangat mahir menangani penerjemahan jurnal internasional dengan garansi khusus sampai naskah terjemahan diterima dosen dan/atau editor jurnal internasional.

Selama ini kami melayani penerjemahan akademik untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 maupun dosen dan peneliti di lingkungan perguruan tinggi terkenal di Yogyakarta, antara lain: Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan sebagainya. Kami juga melayani penerjemahan akademik jarak jauh untuk mahasiswa S1, S2, S3 maupun dosen dan peneliti dari kota-kota lain tempat perguruan tinggi terkenal di seluruh Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Malang, maupun di luar Jawa, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Maluku, dan Papua.

Dengan berbagai pengalaman penerjemahan akademik selama bertahun-tahun tersebut, kami siap membantu melayani kebutuhan penerjemahan akademik, baik untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 maupun dosen dan peneliti di Yogyakarta maupun di kota-kota besar lain di seluruh Jawa, bahkan di seluruh Indonesia.

Mitragama – Jasa Konsultasi Akademik

Menyelesaikan tugas akhir seperti skripsi, tesis atau disertasi menjadi masalah tersendiri bagi kebanyakan mahasiswa. Konsultasi dengan dosen pembimbing seringkali tidak cukup. Oleh karena itu, mereka membutuhkan konsultasi akademik tambahan sebagai tempat untuk berbagi masalah yang dihadapi dalam rangka mempercepat proses penyelesaian tugas akhir tersebut.

Mencari konsultan akademik yang handal, profesional dan memiliki kapasitas pemikiran konseptual yang tinggi tidak mudah. Konsultasi akademik tidaklah sekedar “meminta dibuatkan tugas akhir”, melainkan merupakan proses dialogis antara konsultan dengan mahasiswa yang bersangkutan sampai mereka memahami betul bagaimana tugas akhir tersebut disusun dengan cara yang tepat sesuai dengan standar ilmiah universitas.

Urgensi konsultasi akademik sangat terasa terutama bagi mahasiswa yang sudah mendekati masa habisnya masa studi. Daripada kehilangan segala-galanya akibat tidak lulus kuliah, konsultasi akademik menjadi alternatif yang dianggap sebagai solusi paling tepat di akhir masa kuliah yang sudah darurat. Kami hadir sebagai mitra intelektual bagi mahasiswa yang sedang mengalami masalah urgen semacam itu.

Mengapa Konsultasi Akademik di Mitragama?

Kami telah lama melayani konsultasi akademik sejak tahun 2005 sampai sekarang (2019). Selama 14 tahun terakhir, kami banyak membantu mahasiswa bermasalah dalam menyelesaikan proses penyusunan skripsi, tesis atau disertasi. Melalui proses dialogis, kami membantu mereka untuk memahami bagaimana cara jitu menyelesaikan tugas akhir yang lama terkendala dengan cara cepat.

Kami selama ini lebih fokus melayani konsultasi akademik pada penelitian kualitatif, baik untuk skripsi, tesis maupun disertasi. Namun, kami juga dapat membantu konsultasi tugas akhir dengan penelitian kuantitatif. Selain itu, kami fokus pada ilmu-ilmu non-eksakta dalam lingkup fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, ilmu ekonomi, ilmu hukum, psikologi, ilmu budaya, ilmu pendidikan, keislaman, kepariwisataan, dan filsafat. Namun, kami juga dapat membantu beberapa penelitian dalam lingkup ilmu-ilmu eksakta seperti geografi manusia dan perencanaan kota dan daerah.

Kami sudah terbiasa membimbing penyusunan skripsi, tesis dan disertasi. Kami dapat membimbing penelitian dengan metode deduktif maupun induktif, studi kasus maupun studi perbandingan, fenomenologi, grounded research maupun etnografi. Kami juga sudah terbiasa dengan studi-studi berbasis dokumen seperti ilmu hukum dan ilmu politik jurusan hubungan internasional.

Dalam rangka mendukung proses konsultasi akademik untuk penyelesaian skripsi, tesis, dan disertasi, kami memiliki koleksi berbagai referensi, baik artikel, jurnal, buku maupun ensiklopedia. Kami memiliki kemampuan menerjemah teks-teks berbahasa Inggris dengan bagus karena kami juga merupakan penerjemah khusus untuk buku-buku di penerbitan buku, maupun penerjemah umum untuk kalangan akademisi, baik mahasiswa S1, S2, S3, dosen maupun peneliti.

Kami sudah terbiasa menggeluti dan menangani konsultasi akademik di berbagai bidang, khususnya ilmu-ilmu non-eksakta seperti ilmu sosial dan ilmu politik, ilmu ekonomi, ilmu budaya, ilmu hukum, psikologi, filsafat, pendidikan dan keagamaan. Sebagai alumni Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan, kami sudah sangat biasa dengan topik yang berhubungan dengan politik, pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, partisipasi publik, kebijakan publik, birokrasi, administrasi negara, tata-kelola pemerintahan, otonomi daerah dan desentralisasi, dan sebagainya. Kami juga siap membantu konsultasi disertasi dengan konsentrasi ilmu-ilmu hubungan internasional, komunikasi, administrasi negara, sosiologi dan sosiatri.

Kami juga sudah terbiasa dengan ilmu ekonomi, khususnya konsentrasi ekonomi manajemen dan pembangunan. Dalam bidang ilmu hukum, kami terbiasa menangani topik hukum perdana dan pidana serta hukum internasional. Di Fakultas Ilmu Budaya, kami lebih fokus pada studi sejarah dan antropologi. Di Fakultas Psikologi, pendekatan yang dominan adalah pendekatan kognisi dan perilaku. Di Fakultas Filsafat, kami siap membantu dalam konsultasi disertasi mengenai filsafat barat maupun timur. Di bidang pendidikan, kami terbiasa menangani aspek manajemen pendidikan.

Di luar kajian ilmu non-eksakta, kami juga pernah menangani konsultasi disertasi lingkup Fakultas Geografi dengan konsentrasi geografi manusia dan beberapa tesis dari Fakultas Teknik, khususnya dengan konsentrasi Perencanaan Kota dan Daerah serta Magister Pariwisata.

Prosedur Layanan

Kami melayani konsultasi disertasi bagi mahasiswa S3 yang mengalami masalah atau kendala dalam mempercepat penyelesaian penyusunan disertasi. Layanan konsultasi ini kami sediakan dalam wujud konsultasi dialogis tatap-muka setiap hari dari Senin sampai Jum’at pada jam-jam kerja sebagai berikut: 09.30-11.30; 13.00-15.00; dan 15.30-17.30.

Layanan konsultasi dialogis ini kami sediakan secara privat, bukan kelas, sehingga interaksi konsultasi dialogis dapat terjadi secara personal dan mendalam. Konsultasi dialogis kami sediakan dalam waktu 1,5 jam atau sebanyak-banyaknya 2 jam setiap sesi pertemuan. Di setiap sesi pertemuan, konsultasi dialogis sudah kami rencanakan dan persiapkan sebelumnya secara matang sehingga proses konsultasi dialogis ini menjadi jauh lebih efektif.

  1. Tahap perkenalan selama 1 sampai 2 jam. Pertemuan ini merupakan satu tahap perkenalan konsultan dengan mahasiswa S3, sehingga konsultan dapat memahami klien secara umum beserta masalah-masalah yang ia hadapi terkait dengan disertasi yang disusunnya. Dari berbagai diskusi perkenalan awal, jika klien ingin melanjutkan konsultasi terkait proses percepatan penyelesaian penyusunan disertasi, maka konsultan dan klien akan membuat kesepakatan bersama mengenai apa yang nantinya akan dikonsultasikan secara dialogis dan kapan waktu yang tepat untuk dapat melakukan konsultasi semacam itu. Tahap ini gratis tanpa ada biaya apa pun yang dikenakan kepada klien.
  2. Tahap konsultasi selama 1,5 sampai 2 jam. Pertemuan ini merupakan sesi konsultasi dialogis antara konsultan dengan klien. Dalam konsultasi ini, konsultan menjelaskan berbagai hal untuk mencerahkan klien mengenai cara-cara mempercepat penyelesaian penyusunan disertasi sesuai dengan daftar masalah yang dihadapi oleh klien yang telah teridentifikasi bersama pada tahap perkenalan sebelumnya. Di setiap tahap konsultasi dialogis, klien dapat bertanya dengan pertanyaan-pertanyaan lain yang bertujuan untuk memperjelas pemahamannya tentang hal-hal yang disampaikan oleh konsultan dalam rangka memecahkan masalah tertentu di antara masalah lain yang ingin dipecahkan bersama oleh klien bersama konsultan sampai diperoleh solusi bersama yang memuaskan dan bisa memenuhi kebutuhan klien. Konsultan mengungkapkan berbagai ilmu, pengetahuan, strategi, metode, teknik atau cara-cara yang lebih jitu untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh klien dalam rangka mempercepat penulisan disertasi. Tahap ini berbayar dengan memberikan biaya untuk memperoleh jasa konsultasi dialogis dari kami. Mengenai informasi selengkapnya, silakan hubungi kami: 081331977939 atau Anda dapat berkunjung secara langsung ke kantor kami: klik di sini.
  3. Kami tidak mau melayani pembuatan disertasi asal-jadi atau terima-beres dengan memanipulasi berbagai referensi untuk proposal atau manipulasi data untuk analisis. Kami tidak menerima permintaan klian yang hanya memberikan judul disertasi dan uang untuk menyelesaikan penulisan karya disertasi dan klien hanya ingin terima beres. Kami tidak mau melayani mahasiswa S3 yang melimpahkan semua beban (100%) masalah dalam menyelesaikan penulisan disertasi kepada konsultan, sementara klien itu sendiri santai-santai saja di kamar kos, di kampus, di kantor tempat kerja, apalagi istirahat pulang kampung. Kami tidak bersedia melayani semua mahasiswa S3 yang dilanda masalah menjelang ancaman dropout (DO) tetapi sikapnya selalu panik, selalu menuntut janji waktu penyelesaian penulisan disertasi yang tidak logis, dan hanya melimpahkan semua tugas dan kesalahan kepada konsultan atas kekurangan yang terjadi pada proses penulisan dengan rentang waktu yang sangat sempit atau terbatas. Kami tidak melayani mahasiswa S3 yang tidak mau terlibat aktif dalam proses penyelesaian penyusunan disertasi, khususnya dalam penyediaan berbagai referensi yang hanya dapat diperoleh di kampung melalui akses gratis yang dimiliki oleh klien dalam mendukung penyusunan proposal maupun dalam penyediaan berbagai data lapangan hasil penelitian dalam rangka mendukung analisis data dan pengambilan kesimpulan yang tepat sesuai dengan tujuan penelitian. Kami tidak melayani mahasiswa S3 yang selalu mempermasalahkan biaya yang telah dibayarkan untuk mendapat layanan konsultasi dialogis tanpa memberikan kontribusi apa pun dalam proses penyelesaian penulisan disertasi.

Jasa Konsultasi Akademik

Kami melayani jasa Tahap layanan konsultasi tindak lanjut. Jika dari berbagai hasil konsultasi dialogis tersebut klien merasa membutuhkan asistensi akademik tindak lanjut, kami menyediakan tiga layanan yang berbeda, tetapi bisa diperoleh secara bersama-sama, yaitu pengeditan, revisi, dan penulisan.

  1. Layanan pengeditan adalah layanan khusus yang kami berikan bagi mahasiswa S3 yang telah berusaha menyusun disertasi sesuai dengan kapasitasnya walau dengan berbagai kekurangan yang dapat ditemukan terkait dengan kesalahan ketik, kekurangan huruf, tata-tulis, tata-letak, pengaturan marjin, penyesuaian teknik penyajian tulisan sesuai dengan pedoman penulisan disertasi yang berlaku, dan hal-hal lain yang masih berhubungan dengan pekerjaan pengeditan karya tulis disertasi yang telah disusun dan ingin diperhalus. Layanan pengeditan yang kami sediakan akan membuat disertasi Anda menjadi jauh lebih tertata rapi, enak dibaca, dan mudah dipahami.
  2. Layanan revisi adalah layanan yang kami berikan secara khusus bagi mahasiswa S3 yang setelah berusaha menyusun disertasi sesuai dengan kapasitasnya walau hasil disertasi itu masih penuh dengan berbagai indikasi inkonsistensi logika, baik antar-kata dalam kalimat-kalimat, antar-kalimat dalam paragraf-paragraf, antar-paragraf dalam sub-sub bab, maupun antar-bab dalam karya disertasi Anda secara keseluruhan. Kami mampu merevisi tulisan dengan logika masih berantakan dan belum konsisten satu sama lain melalui proses dekonstruksi, kemudian dilanjutkan dengan proses rekonstruksi, sesuai dengan visi-visi baru yang teridentifikasi di dalam diskusi-diskusi konsultasi dialogis yang telah dilakukan bersama sebelumnya. Layanan revisi disertasi ini kami sebut layanan revisi sistematisasi ide-ide disertasi.
  3. Layanan penulisan adalah layanan khusus yang kami berikan kepada mahasiswa S3 yang telah berusaha menyusun disertasi sesuai dengan kapasitasnya, namun hasil penulisan itu masih jauh dari kondisi yang memadai. Layanan ini kami berikan kepada mahasiswa S3 yang karena jabatannya di lembaga-lembaga tertentu menjadi sangat sibuk tetapi ia pada dasarnya memiliki ide-ide orisinal yang memang sangat perlu dituangkan dalam wujud tulisan karya disertasi. Dalam hal ini, kami menyediakan layanan asistensi akademik melalui serangkaian diskusi dalam rangka konsultasi dialogis untuk mengeksplorasi ide-ide yang dimiliki oleh klien dan klien ingin menuangkannya ke dalam tulisan. Dalam banyak kasus, selain mengeksplorasi ide-ide tersebut secara lisan, konsultan juga memberikan daftar pertanyaan penelitian aplikatif yang harus dijawab sendiri oleh klien dalam bentuk esai seperti mereka menjawab soal-soal ujian selama kuliah S1, S2, dan S3. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penelitian aplikatif tersebut diberikan sesuai dengan ilmu, pengetahuan, informasi, data dan fakta-fakta yang telah dimiliki oleh klien atau telah ditemukan di lapangan, atau memang telah dialami secara praktis dalam menjalankan jabatannya di lembaga-lembaga tertentu. Dalam hal ini, kami memberikan layanan untuk menerjemahkan berbagai ide dari klien menjadi tulisan-tulisan yang membentuk karya disertasi yang jauh lebih sistematis.

Layanan Tambahan

Kami menyediakan berbagai layanan konsultasi akademik tambahan sebagai berikut.

  1. Pencarian Referensi
  2. Konsultasi Proposal
  3. Konsultasi Penelitian
  4. Konsultasi Analisis
  5. Konsultasi Penulisan

Jasa Terjemahan

Anda seorang dosen, doktor, profesor dan peneliti yang sangat sibuk dan mengalami kesulitan menyusun jurnal dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris berstandar internasional? Kami di Mitragama siap membantu Anda.

Hubungi kami: 081331977939

Mengenai Layanan Penerjemahan, silakan Klik di sini!